Minggu, 30 September 2012

KONSEP DASAR DALAM AUDITING DAN LINGKUNGAN KERJA PROFESI AKUNTAN PUBLIK



Definisi AUDITING

“Report of the committee on Basic Auditing Concepts of the American Accounting Association” (Accounting Review, vol.47) memberikan definisiauditing sebagai berikut :

“Suatu proses sistematis untuk memperoleh serta mengevaluasi bukti secara objektif mengenai asersi-asersi kegiatan dan peristiwa ekonomi, dengan tujuan menetapkan derajat kesesuaian antara asersi-asersi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan”.

Jenis-jenis AUDITING
1. Audit Laporan keuangan
Audit laporan keuangan berkaitan dengan kegiatan memperoleh dan mengevaluasi bukti tentang laporan-laporan entitas dengan maksud agar dapat memberikan pendapat apakah laporan-laporan tersebut telah disajikan secara wajar sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, yaitu prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP).
2. Audit kepatuhan
Audit kepatuhan berkaitan dengan kegiatan memperoleh dan memeriksa bukti-bukti untuk menetapkan apakah kegiatan keuangan atau operasi suatu entitas telah sesuai dengan persyaratan, ketentuan, atau peraturan tertentu. Kriteria yang ditetapkan dalam audit jenis ini dapat berasal dari berbagai sumber. Sebagai contoh, manajemen dapat mengeluarkan kebijakan atau ketentuan yang berkenaan dengan kondisi kerja, partisipasi dalam program pensiun, serta pertentangan kepentingan. Audit kepatuhan juga harus didasarkan pada kriteria yang ditetapkan kreditor. Sebagai contoh, perjanjian obligasi dapat mensyaratkan unutk menjaga suatu rasio lancar tertentu.
3. Audit operasional
Audit operasional berkaitan dengan kegiatan memperoleh dan mengevaluasi bukti-bukti tentang efisiensi dan efektivitas kegiatan operasi entitas dalam hubungannya dengan pencapaian tujuan tertentu. Dalam suatu perusahaan bisnis, lingkup audit ini dapat meliputi seluruh kegiatan dari (1) suatu departemen, cabang, atau divisi, atau (2) suatu fungsi yang mungkin merupakan fungsi lintas unit usaha, seperti pemasaran atau pengolahan data.
Jenis-jenis AUDITOR
1. Auditor independen
Auditor independen di Amerika Serikat biasanya adalah CPA yang bertindak sebagai praktisi perorangan ataupun anggota kantor akuntan publik yang memberikan jasa auditing profesional kepada klien. Pada umumnya lisensi diberikan kepada mereka yang telah lulus dalam ujian persamaan CPA serta memiliki pengalaman praktik dalam bidang auditing.
Klien para auditor independen tersebut dapat berasal dari perusahaan bisnis yang berorientasi laba, organisasi nirlaba, kantor pemerintah, atau perorangan.
2. Auditor Internal
Adalah pegawai dari organisasi yang diaudit. Auditor jenis ini melibatkan diri dalam suatu kegiatan penilaian independen, yang dinamakan audit internal, dalam lingkungan organisasi sebagai suatu bentuk jasa bagi organisasi. Tujuan audit internal adalah untuk membantu manajemen organisasi dalam memberikan pertanggungjawaban yang efektif.
Lingkup fungsi audit internal meliputi semua tahap dalam kegiatan organisasi. Para auditor internal terutama melibatkan diri pada audit kepatuhan dan operasional. Akan tetapi, sebagaimana akan dijelaskan kemudian, pekerjaan auditor internal ini juga dapat melengkapi pekerjaan auditor independen dalam melakukan audit laporan keuangan.
3. Auditor Pemerintah
Auditor pemerintah (government auditor’s) dipekerjakan oleh kantor pemerintahan di tingkat federal, negara bagian, dan lokal di A.S. Pada tingkat federal, terdapat 3 kantor utama, yaitu the general accounting office (GAO), Internal Revenue Service (IRS), dan Defence Contract Audit Agency (DCAA).
ASSURANCE SERVICES
“Assurance Services adalah jasa profesional independen yang mampu meningkatkan mutu informasi, atau konteksnya, untuk kepentingan para pengambil keputusan.”
Salah satu aspek kunci assurance services adalah konsep independensi. Para pengguna jasa sangat mengandalkan independensi CPA serta dapat menarik manfaat yang bernilai dari kenyataan bahwa CPA bersifat tidak memihak dan objektif.
Assurance services dapat meningkatkan mutu informasi atau konteksnya.Special committee on assurance services dari AICPA mengatakan bahwa “mutu” meliputi konsep-konsep kegunaan keputusan. Assurance servicesmeningkatkan mutu informasi dengan cara meningkatkan keandalan atau relevansinya. Komite khusus tersebut memberikan definisi keandalan dan relevansi sebagai berikut :
- Keandalan meliputi penyajian yang jujur, netralitas, dan konsistensi antarperiode.
- Relevansi meliputi dapat dipahami, dapat diperbandingkan dengan entitas lain, dapat digunakan, dan kelengkapan.
Assurance services berbeda dengan jasa audit dalam satu hal kunci tertentu. Jasa audit terutama berfokus pada informasi yang terdapat dalam laporan keuangan. Assurance services bukan hanya berkaitan dengan laporan keuangan, namun juga berkaitan dengan lingkup luas informasi yang digunakan oleh para pengambil keputusan.
Beberapa contoh assurance services adalah sebagai berikut :
- Jasa penilaian resiko.
- Jasa penilaian kinerja.
- Assurance perawatan lansia.
Organisasi yang berkaitan dengan profesi akuntan publik di AMERIKA SERIKAT
ORGANISASI SEKTOR SWASTA
Penjelasan tentang sifat dan kegiatan pokok dari setiap organisasi sektor swasta dikelompokkan sebagai berikut :
1. American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)
Adalah organisasi profesi nasional untuk profesi akuntan publik di Amerika Serikat.
AICPA memberikan lingkup layanan yang luas kepada para anggotanya. Misalnya melalui komite-komite teknis senior, para anggota dapat berpartisipasi untuk menetapkan standar-standar yang akan digunakan sebagai pedoman kinerja jasa profesional, termasuk standar yang berkaitan dengan pengendalian mutu, review mutu, dan etika perilaku. Selain itu, AICPA juga mengembangkan serta menyelenggarakan materi dan kursus pendidikan profesional berkelanjutan (continuing professional education/CPE), menyediakan jasa bantuan akuntansi serta auditing melalui hotline informasi teknis dan perpustakaan yang sarat dengan referensi teknis, selain itu juga menerbitkan terbitan berkala yang bernama Journal of accountancy, the tax advisor, dan the CPA letter.
2. State Societies of Certified Public Accountants (Masyarakat CPA Negara Bagian)
Para CPA yang ada dalam setiap negara bagian telah mendirikan perkumpulan masyarakat atau asosiasi para CPA pada setiap negara bagian. Masyarakat CPA negara bagian menjalankan fungsinya melalui sejumlah kecil staf yang bekerja penuh waktu serta melalui berbagai komite yang terdiri dari para anggota sendiri. Masyarakat negara bagian ini memiliki kode etik profesional sendiri yang sejalan dengan kode etik perilaku profesional AICPA (AICPA Code of Professional Conduct). Meskipun organisasi ini bersifat otonom, biasanya masyarakat CPA negara bagian menjalin kerjasama dengan masyarakat CPA negara bagian lainnya dan juga dengan AICPA dalam bidang kepentingan yang saling menguntungkan, misalnya kepentingan pendidikan berkelanjutan dan etika.
3. Unit-Unit Kerja (Kantor CPA)
Seorang CPA dapat berpraktik sendiri atau menjadi anggota sebuah kantor akuntan publik (KAP). Sebuah KAP dapat berbentuk perusahaan perorangan, firma, perseroan terbatas, perusahaan profesional, atau bentuk organisasi lainnya yang diizinkan oleh hukum negara bagian atau peraturan. Beberapa kantor CPA lokal melayani juga perusahaan publik, namun klien utama mereka adalah usaha-usaha kecil dan perorangan. Kegiatan audit yang dilakukan beberapa kantor CPA lokal yang paling kecil cenderung menurun, karena tingginya biaya untuk mempertahankan kompetensi serta meningkatnya pengungkapan kewajiban hukum.
4. Badan-Badan Yang Menetapkan Standar Akuntansi
Financial Accounting Standards Board (FASB = Dewan Standar Akuntansi Keuangan) serta Governmental Accounting Standards Board (GASB = Dewan standar akuntansi pemerintahan) adalah badan-badan independen yang menetapkan standar sektor swasta. Fungsi utamanya adalah mengembangkan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP) bagi setiap entitas bisnis dan nirlaba, entitas pemerintahan negara bagian dan lokal.
ORGANISASI SEKTOR PUBLIK
Beberapa organisasi sektor publik, baik yang berada pada tingkat negara bagian maupun federal, secara langsung akan mempengaruhi profesi akuntan publik. Sifat dan kegiatan organisasi ini akan dijelaskan sebagai berikut :
1. STATE BOARDS OF ACCOUNTANCY (BADAN AKUNTANSI NEGARA BAGIAN)
Setiap badan mengurus perundangan akuntansi negara bagian, yang menjelaskan syarat perizinan CPA, kode etik profesional, dan dalam banyak hal juga persyaratan pendidikan profesional berkelanjutan. Badan-badan negara bagian ini secara positif juga menjadi lebih aktif dalam mendorong program-program untuk mempertahankan praktik audit yang bermutu tinggi. Fungsi utama badan-badan ini adalah menerbitkan izin untuk berpraktik sebagai seorang CPA, memperbaharui izin, menangguhkan, atau membatalkan izin praktik.
2. SECURITIES AND EXCHANGE COMMISSION (OTORITAS PASAR MODAL DI AMERIKA SERIKAT)
Adalah suatu badan pemerintah federal yang didirikan pada tahun 1934 sesuai dengan undang-undang securities exchange act untuk mengatur peredaran saham yang ditawarkan untuk dijual kepada publik dan selanjutnya mengatur perdagangan surat-surat berharga melalui bursa efek tidak resmi (over the counter markets). Menurut undang-undang ini, SEC memiliki wewenang untuk menetapkan GAAP bagi perusahaan-perusahaan yang berada di bawah yurisdiksinya.
3. U.S. GENERAL ACCOUNTING OFFICE (KANTOR AKUNTANSI UMUM A.S.)
Adalah suatu badan nonpartisan yang bertindak sebagai badan audit federal bagi kongres A.S. Badan ini diketuai oleh comptroller general of the united states, dan memiliki wewenang untuk menerbitkan standar berkenaan dengan organisasi, program, kegiatan, dan fungsi audit pemerintahan.
4. INTERNAL REVENUE SERVICES (Kantor Pajak A.S.)
Merupakan salah satu divisi dari U.S. Treasury Department (Departemen Keuangan A.S.) yang bertanggung jawab untuk mengelola dan menegakkan perundangan pajak federal.
5. Pengadilan Negara Bagian dan Federal
6. Kongres A.S.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda merasa blog ini sangat berguna silahkan folow dan tinggalkan jejak komentar anda di sini. Terimaksih telah berkunjung.

 
Design by Adyponiady | Bloggerized by Adyponiady - AdyCenter | Adyponiady, Medan Indonesia