Selasa, 11 September 2012

Perpustaan Maya dan Beberapa Transaksi Virtual

Dengan pesatnya perkembangan internet maka berdampak pada perkembangan kemudahan masyarakat menjangakau beberapa akses yang mungkin tidak terpikirkan dari awal dan kemudahan dalam menjangkau informasi yang sebenarnya sulit terjadi di dunia nyata. Penggunaan internet yang sejatinya sebagai akses informasi kini berubah menjadi alat yang berfungsi sebagai akses kemudahan untuk bisnis dan pemasaran, penjaulan, pelayanan pelanggan. Perpustakaan maya dan transaksi virtual adalah sampel yang mudah untuk dipahami karena keduanya sangat berkaitan. Produk informasi itu dapat beraneka ragam, diantaranya e-library, e-book, current information s ervice yang semuanya masuk dalam kategori perpustakaan digital ( digital library) di mana penyebaran informasi yang paling banyak dilakukan via internet serta kemudahan -kemudahan produk lainnya dalam bentuk digital yang bisa didapatkan dalam bentuk file dok umen doc, pdf, picture, grafik, peta dan lain sebagiannya yang media pembacanya menggunakan TI.

A. Perpustakaan Maya.

Perpustakaan maya adalah sebagai lingkungan yang bersama -sama memberi koleksi, pelayanan dan manusia untuk menunjang kreasi, diseminasi, penggunaan dan pelestarian data, informasi dan pengetahuan. Sebagai perpustakaan yang berbeda dari sistem penelusuran informasi karena memiliki lebih banyak jenis media, menyediakan pelayanan dan fungsi tambahan, termasuk tahap lain dalam siklus informasi, dari pembuatan hingga penggunaan. Perpustakaan digital bisa dianggap sebagai institusi informasi dalam bentuk baru atau sebagai perluasan dari pelayanan perpustakaan yang sudah ada. Namun demikian perpustakaan maya sebagai koleksi informasi yang dikelola, yang memiliki pelayanan terkait, informasinya disimpan dalam format digital dan dapat diakses melalui jaringan.

Beberapa faktor yang dapat menunjang penggunaan Perpustakaan maya adalah:

-Telah tersedianya teknologi komputasi dan komunikasi yang memungkinkan dilakukannya
penciptaan, pengumpulan dan manipulasi informasi.
- Infrastruktur jaringan internasional untuk mendukung sambungan dan kemampuan pengopersian bagi pengguna.
- Informasi online mulai berkembang.
- Kerangka akses internet umum telah muncul.

Teknologi perpustakaan maya akan melengkapi fungsi dan layanan perpustakaan. Teknologi perpustakaan digital akan ditarik ke dalam dan merubah banyak bentuk kelembagaan termasuk perpustakaan, laju dan besarnya tergantung pada banyak faktor antara lain:
-Eksternalitas pada tingkat sosial seperti: penerapan hukum pada kekayaan intelektual, investasi dalam infrastruktur komunikasin nasional.
- Keterbatasan lembaga dan organisasi lokal seperti: ketersediaan sumber daya, kebutuhan pengguna, kepempinan seseor ang dalam mengatur organisasi
-Terobosan teknologi merubah kebiasaan sosial dan kerja dalam skala besar.

Cara kerja perpustakan maya adalah sebagai berikut:
1. Registrasi
2. Setelah menjadi member pengunjung sebuah situs perpustakaan maya bebas meminjam, membaca secara online dari koleksi buku-buku yang ada.
3.Jika meminjam member harus mengkomfirmasi berapa lama buku yang dipinjam di kembalikan dengan persyaratan tertentu.
4. Kurir mengantarkan buku kealamat member.
5. Setelah batas waktu yang ditentukan habis maka kurir akan mengambil buku tersebut kembali dan begitu seterusnya secara berulang-ulang.

B. Transaksi Virtual
   
       Transaksi virtual ialah segala transaksi yang bersifat maya yang menggunakan virtual account. Seiring perkembangan internet yang sangat pesat berbagam macam produk ditawarkan oleh berbagai pihak.

note: belum siap,, source nya payah bngt..



0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda merasa blog ini sangat berguna silahkan folow dan tinggalkan jejak komentar anda di sini. Terimaksih telah berkunjung.

 
Design by Adyponiady | Bloggerized by Adyponiady - AdyCenter | Adyponiady, Medan Indonesia